Persepsi tentang iklim komunikasi organisasi dan komitmen organisasi karyawan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) daerah operasi (DAOP) IV Semarang
View/ Open
Date
2007Author
Falatehan, Sriwulan Ferindian
Muljono, Pudji
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan satu-satunya organisasi yang bergerak di bidang perkeretaapian di Indonesia. Kereta api merupakan satu- satunya harapan terakhir bagi masyarakat yang memilih untuk menggunakan alat transportasi darat untuk dapat mengantarkan mereka bepergian dengan aman dan harga yang terjangkau. Harapan masyarakat tersebut seharusnya menjadi suatu pendorong bagi PT KAI agar lebih memperhatikan kinerjanya. Kinerja PT KAI harus terus ditingkatkan, salah satunya adalah dengan memberi perhatian pada karyawan. Karyawan PT KAI tidak akan dapat mencapai kinerjanya yang maksimal jika tidak memiliki keikatan dengan tempat kerjanya tersebut. Keikatan yang diharapkan terjalin antara PT KAI dengan karyawannya tentu tidak hanya berupa materi, tetapi juga sikap. Salah satunya adalah yang berupa komitmen organisasi. Hal ini karena dengan adanya komitmen organisasi akan dapat menurunkan tingkat keluar anggota dari organisasi.
Adanya anggota organisasi yang memiliki intensi untuk keluar dari organisasi tersebut merupakan gambaran dari rendahnya derajat kelekatan anggota organisasi yang berupa komitmen organisasi. Komitmen organisasi adalah derajat anggota organisasi mengidentifikasi tentang organisasi, tujuan dan harapan untuk memelihara keanggotaannya di organisasi. Komitmen organisasi meliputi tiga komponen, yaitu komitmen afektif, komitmen kontinuans, dan komitmen normatif.