Analisis penilaian prestasi kerja dan promosi jabatan karyawan restoran Jayakarta di Hotel Jayakarta, Jakarta
Abstract
Produk-produk agribisnis merupakan suatu produk yang dapat menghasilkan peluang besar untuk membuka usaha serta dapat memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat mengakibatkan semakin banyak produk-produk baru diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut tetapi peningkatan ini juga mengakibatkan harga-harga kebutuhan sehari-hari juga meningkat dengan pesat. Sebagai kebutuhan pokok manusia, makanan merupakan kebutuhan manusia yang tidak akan pernah berhenti dibutuhkan oleh setiap manusia. Oleh karena itu setiap manusia akan selalu berusaha memenuhinya sehingga bisnis makanan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di masa sekarang dan masa yang akan datang. Peluang bisnis ini yang sangat besar membuat banyak investor tertarik untuk menanamkan modalnya pada sektor ini, misalnya bisnis restoran.
Restoran merupakan tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial, yang memberikan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya baik berupa makanan atau minuman. Restoran ada yang berada dalam suatu hotel, kantor maupun pabrik, dan banyak juga yang berdiri sendiri di luar bangunan itu. Pada bisnis restoran biasanya terjadi semacam barter antara pembeli dengan penjual, barter ini tidak akan berjalan lancar apabila sumber daya manusianya tidak diseleksi secara cermat, dididik dan dilatih dengan baik, tidak terkecuali untuk Restoran yang berada di wilayah Jakarta.
Oleh karena pentingnya SDM, maka karyawan perlu diberikan motivasi yang besar agar setia, bekerja dengan maksimal dan menunjang kegiatan restoran. Salah satu upaya yang dilaksanakan restoran agar dapat memperbaiki serta mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik adalah melaksanakan penilaian prestasi kerja pada karyawannya. Dengan adanya penilaian prestasi kerja ini pihak manajemen akan mengetahui seberapa jauh sikap dan perilaku kerja karyawan, kapabilitas dan akseptabilitas serta prestasi yang telah
dicapainya dalam bekerja. Restoran Jayakarta merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang agribisnis, untuk mendukung kegiatan operasionalnya maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu penilaian prestasi kerja karyawan sangat perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil kinerja karyawan yang bersangkutan selama setahun dan untuk itu perusahaan telah melakukannya secara rutin. Hasil penilaian ini dijadikan dasar dalam
merekomendasikan seorang karyawan untuk hal-hal yang berhubungan dengan
keputusan personalia, yaitu kenaikan promosi jabatan, transfer, gaji maupun
training.
Salah satu tujuan dilakukannya penilaian prestasi kerja di Restoran Jayakarta adalah untuk penentuan promosi, meskipun hasil penilaian tersebut justru tidak mutlak menjadi dasar dalam merekomendasikan seorang karyawan untuk memperoleh promosi jabatan karena kesempatan untuk promosi tersebut kecil. Hal ini dapat diketahui melalui keterangan dari karyawan yang bekerja di
Restoran Jayakarta tersebut.
Penilaian prestasi kerja dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode. Cara mana yang dipilih tergantung kepada kegunaannya. Jika hasilnya akan digunakan untuk keperluan seleksi, promosi, pelatihan, dan penggajian berdasarkan hasil prestasi (merit rating) maka sistem penilaian tersebut dikenal dengan Meritocration System yang artinya penilaian prestasi kerja berdasarkan capaian kerja secara obyektif. Kriteria yang biasanya digunakan oleh Restoran dalam menentukan promosi bagi seorang karyawan adalah senioritas, prestasi kerja dan kemampu promosian serta kriteria tidak resmi seperti karakteristik pribadi, nepotisme, faktor sosial, dan persahabatan.
Berdasarkan uraian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa promosi yang diberikan oleh Restoran kepada karyawan adalah berdasarkan hasil kerjanya disamping adanya faktor-faktor lain yang telah disebutkan sebelumnya. Sebagai hipotesis yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Diduga terdapat hubungan yang kuat antara penilaian prestasi kerja dengan promosi jabatan karyawan."
Untuk menganalisis prestasi kerja karyawan digunakan analisis secara kualitatif yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan analisis tabel hasil kuesioner, yang menganalisis hal-hal penting dalam pelaksanaan prestasi kerja karyawan seperti tujuan penilaian prestasi kerja, prosedur penilaian prestasi kerja, aspek-aspek yang dinilai, metode-metode penilaian prestasi kerja serta proses penilaian prestasi kerja.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis secara kualitatif yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan analisis tabel hasil kuesioner, yang menganalisis antara lain tujuan dan manfaat promosi, syarat-syarat promosi, kriteria promosi, dan dasar-dasar promosi.
Dalam menganalisis hubungan penilaian prestasi kerja dan promosi jabatan di Restoran tersebut digunakan analisis secara kuantitatif yaitu dengan rumus korelasi. Analisis tersebut digunakan untuk mengetahui kuat atau tidaknya hubungan antara variabel yang salu dengan variabel yang lainnya. Untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan penilaian prestasi dan promosi dilakukan uji korelasi Rank Spearman
Identifikasi pelaksanaan penilaian prestasi kerja dilakukan dengan menganalisis tujuan dan manfaat penilaian prestasi, waktu pelaksanaan penilaian, unsur-unsur yang dinilai, prosedur penilaian dan metode penilaian yang digunakan. Identifikasi terhadap pelaksanaan promosi jabatan dilakukan dengan menganalisis tujuan dan manfaat dilakukannya promosi jabatan, syarat- syarat promosi dan dasar yang diterapkan dalam melakukan promosi jabatan, Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu metode penelitian yang menggambarkan kondisi aktual yang telah dikerahui melalui pengumpulan. data dan kemudian menganalisis masalah yang ada berdasarkan gambaran kondisi aktual yang telah dilakukan. Untuk mencari kuat tidaknya hubungan. antara hasil penilaian prestasi kerja sebagai salah satu faktor penentu promosi jabatan di Restoran tersebut...
Collections
- UT - Agribusiness [4624]