Evaluasi dua instrumen yang digunakan dalam menangkap persepsi
View/ Open
Date
2003Author
Permadi, Arga
Wijayanto, Hari
Kurnia, Anang
Metadata
Show full item recordAbstract
Memahami perilaku konsumen pada saat ini merupakan hal yang sangat penting, karena dengan memahami konsumen akan menuntun pemasar pada kebijakan pemasaran yang tepat dan efisien Salah satu aspek yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah persepsi konsumen itu sendiri karena konsumen akan menginterpretasikan stimulus (produk) yang sama secara berbeda. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat menangkap persepsi konsumen tersebut,
Pada penelitian ini digunakan dua instrumen sebagai pendekatan dalam menangkap persepsi terhadap suatu produk Instrumen pertama yaitu penilaian oleh konsumen terhadap produk berdasarkan atribut-atributnya dengan menggunakan skala Likert yaitu "sangat tidak setuju"(1) sampai sangat setuju" (5) dan instrumen kedua pengelompokan produk berdasarkan kesamaan atribut- atributnya yaitu "jauh" atau "dekat". Data-data yang diperoleh dari kedua instrumen ditampilkan secara grafis dengan analisis Biplot untuk instrumen pertama dan analisis Multidimensional Scaling MDS) untuk instrumen kedua. Pada Instrumen pertama juga dilakukan analisis Korespondensi sebagai analisis alternatif selain analisis Biplot. Kemudian dilakukan evaluasi terhadap kedua instrumen tersebut
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa instrumen kedua pada penelitian ini lebih representatif dalam menangkap persepsi dibanding instrumen pertama karena pengelompokan suatu koran dipengaruhi oleh koran lainnya dengan adanya perbandingan yang dilakukan responden, sedangkan pada instrumen pertama responden hanya melakukan penilaian terhadap suatu atribut koran tanpa membandingkan dengan koran lainnya pada atribut tersebut. Penggunaan dua kategori sifat seperti "jauh" dan "dekat" lebih mudah dipahami oleh responden Responden mampu membedakan kedua sifat tersebut dibandingkan penggunaan lebih dari dua kategori sikap seperti pada instrumen pertama yaitu "sangat tidak setuju" sampai "sangat setuju"