Analisis strategi pemasaran ban radial passanger PT. Goodyear Indonesia, Tbk, di pasar domestik
Abstract
SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threats) dipakai untuk menghasilkan strategi-strategi yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Matriks QSPM digunakan untuk menentukan prioritas dari beberapa alternatif strategi yang dihasilkan.
Hak cipta milik IPB University
Hasil analisis lingkungan internal perusahaan menunjukkan bahwa faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan perusahaan adalah: (1) Jaringan pemasaran dan distribusi yang luas; (2) Inovasi produk; (3) Merek yang terkenal; (4) Peralatan & mesin berteknologi canggih; (5) Posisi keuangan yang kuat, (6) ISO 9001-2000/ 4000; (7) Sistem deteksi X-Ray; (8) SDM yang baik; (9) SIM dalam operasional perusahaan; (10) Hak paten produk; (11) Road Hazard Warranty. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan antara lain (1) Bukan market leader; (2) Masalah ketidakstabilan harga; (3) Quality image yang kurang baik
Audit eksternal mengidentifikasi bahwa peluang yang dapat dimanfaatkan adalah (1) Pertumbuhan penduduk sebagai peluang pasar, (2) Kebijakan pemerintah mendorong industri otomotif (3) Perkembangan teknologi informasi untuk percepatan bisnis, (4) Semakin tingginya jumlah mobil penumpang di Indonesia; (5) Pergeseran trend ban bias ke ban radial. Faktor-faktor yang menjadi ancaman adalah (1) Situasi politik dan keamanan yang belum stabil; (2) Daya beli masyarakat yang menurun; (3) fluktuasi kurs Rupiah mempengaruhi harga bahan baku; (4) Kebijakan otonomi daerah dalam birokrasi & biaya transportasi; (5) Tingkat persaingan yang luar biasa ketat; (6) Brand image pesaing terkuat, Bridgestone, lebih baik; (7) Kekuatan tawar (bargaining power) konsumen tinggi; (8) Kekuatan tawar pemasok bahan baku utama tinggi