Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa di Cold Storage Perum Prasarana Perikanan Samudera Cabang Jakarta
View/ Open
Date
2005Author
Bekti, Putri Veraning
Nurhayati, Popong
Diatin, Iis
Metadata
Show full item recordAbstract
Analisis tingkat kepuasan pelanggan pada sub divisi cold storage Perum
Prasarana Perikanan Samudera Cabang Jakarta merupakan analisis yang ditujukan
untuk mengetahui sejauh mana persepsi pelanggan dalam menilai kinerja perusahaan
dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggannya. Tingkat kepuasan
pelanggan ini dapat diukur dengan mengetahui persepsi pelanggan terhadap tingkat
kepentingan dan pelaksanaan atribut kepuasan pelanggan. Hal ini dilalrnkan apabila
perusa haan ingin mengadakan perbaikan dalam kualitas pelayanan yang diberikan
kepada pelanggannya. Analisis kepuasan pelangganjuga berguna untuk mengetalrni
posisi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan pesaing. Untuk mengetahui
tingkat kepuasan pelanggan pada jasa penyewaan cold storage di Perum PPS Cabang
Jakarta digunakan Importance Performance Analysis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepentingan dan pelaksanaan
atribut-atribut kepuasan pelanggan serta mengukur tingkat kepuasan pelanggan
terhadap pelayananjasa di cold storagePerum PPS Cabang Jakruta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja dari atribut-atribut
kepuasan pelanggan, seperti prosedur penyewaan, kebersihan tempat dan
saran a yang digunakan, suhu, ongkos sewa, pengetahuan pegawai tentang cold
storage, pelayanan pegawai, kesigapan pegawai menangani masalah teknik, respon
perusahaan terhadap keluhan pelanggan, kesediaan pegawai berkomunikasi dengan
pelanggan, kelengkapan sarana, kapasitas cold storage belum membuat pelanggan
merasa puas, kecuali satu atribut, yaitu keramahan pegawai. Untuk itu perusahaan
harus terns berusaha meningkatkan kinerjanya agar dicapai tingkat kepuasan
pelanggan yang optimal.