Perilaku Konsumen Dalam Proses Keputusan Pembelian Ikan Kaleng di Kotamadya Bogor
Abstract
Ikan kaleng sebagai salah satu produk yang memiliki sifat praktis dalam hal
penyajiannya merupakan produk altematifyangdapat memenuhi keinginan dan
kebutuhan konsumen yang membutuhkan produk yang cepat saji dan hemat waktu.
Adanya tingkat persaingan antar produsen ikan kaleng membuat produsen ikan
kaleng harus menghadapi persaingan tersebut dengan menerapkan strategi-strategi
sehingga dapat memenangkan persaingan tersebut yang berimplikasi langsung pada
peningkatan penjualan produk ikan kaleng.
Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan strategi
pemasaran dalam hal ini dengan mengetahui perilaku konsumen. Perilaku konsurnen
dapat dilihat dengan mengetahui perilaku dalam proses keputusan pembelian dimana pada proses tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku kosnumen dalam proses
keputusan pembelian ikan kaleng serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Pe nelitian ini dilakukan pada supermarket yang ada di sekitar wilayah kota Bogor.
Dari basil penelitian didapat bahwa merek Botan merupakan merek ikan
kaleng yang paling banyak dibeli. Dan berdasarkan penelitian, responden ikan kaleng
melakukan proses keputusan pembelian ikan kaleng. Berdasarkan basil perhitungan
dengan menggunakan teknik index value diperoleh lima faktor teratas dari sebelas
faktor yang diteliti yakni, rasa, keamanan dalam mengkonsumsi, praktis, mudah
diperoleh, dan kemasan.