Analisis isi iklan peternakan pada majalah trobos
Abstract
Industri periklanan di Indonesia telah berkembang cukup pesat seiring dengan perkembangan media massa di negara Indonesia. Media massa baik elektronik maupun cetak telah mencapai suatu kebebasan untuk mempublikasikan fakta-fakta yang terjadi. Perkembangan media massa cetak juga dapat dikatakan sangat pesat. Perkembangan dan peningkatan kualitas dan kuantitas dari media-media massa tersebut dapat dilihat dimulai sejak tumbangnya masa orde baru dan kemudian lahir era reformasi sekitar pertengahan Mei 1998.
Banyaknya media cetak yang kini beredar telah memberikan kesempatan bagi perindustrian yang ada di Indonesia, mereka mencoba bersaing dalam mengiklankan produknya sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk tersebut. Pemanfaatan majalah sebagai media pembawa pesan komunikasi dalam bentuk iklan sangat baik karena umumnya majalah memiliki segmen khalayak pembaca yang jelas, didasari atas karakteristik majalah yang bersifat spesifik, dimana isinya hanya mencakup satu atau beberapa bidang saja. Jenis-jenis majalah sendiri ada beberapa macam tergantung sasaran pembaca dan spesifik liputannya, di antaranya majalah wanita, majalah pria, majalah remaja, majalah politik dan sebagainya. Hal ini memungkinkan produsen untuk memilih jenis majalah apa yang akan mereka gunakan untuk memasarkan produknya melalui iklan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jumlah iklan peternakan yang terdapat pada majalah Trobos, (2) mengetahui jumlah jenis iklan peternakan yang diiklankan di majalah Trobos, (3) mengetahui karakteristik iklan peternakan yang ada pada majalah Trobos dilihat dari segi komunikasi verbal dan non verbal dalam iklan tersebut.
Pemilihan jenis majalah peternakan dilakukan dengan sengaja (purposive), dari beberapa majalah yang memiliki klasifikasi khusus peternakan dibedakan berdasarkan isi beritanya ditentukan satu majalah yang memiliki jumlah iklan yang cukup serta memiliki keragaman jenis yang cukup yaitu majalah Trobos. Berdasar hal tersebut, maka target populasi dalam penelitian ini ditentukan adalah seluruh iklan peternakan yang terdapat pada majalah Trobos mulai edisi Januari-Desember 2003.
Penarikan sampel pada analisis isi dilakukan dengan teknik "multistage
unproportionate random sampling." Tahap pertama penarikan sampel multistage
sampling adalah dari populasi yang ada ditentukan batasan unit yang diteliti berupa
iklan-iklan peternakan yang tampil pada majalah tersebut sejumlah 108 iklan. Tahap
kedua, karena kebanyakan dari iklan-iklan tersebut ditampilkan lagi pada bulan-bulan...