Pemanfaatam teknologi internet dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bandung
View/ Open
Date
2012Author
Firdaus, Fami Rahmania
Kusumastuti, Yatri Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini ditujukan kepada UMKM Kota Bandung untuk melihat sejauh mana proses adaptasi mereka terhadap internet serta mengkaji seberapa besar perilaku UMKM dalam memanfaatkan internet untuk mendapatkan perkembangan usaha yang maksimal. Penelitian ini dilakukan pada 30 UMKM Kota Bandung yang lokasinya tersebar dan telah menggunakan internet. Pemilihan responden dilakukan melalui teknik random sampling dengan menggunakan acak sederhana. Ragam internet yang digunakan oleh UMKM Kota Bandung bervariasi diantaranya website, media jejaring sosial dan situs perdagangan online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pelaksanaannya dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan pendekatan kualitatif yang pelaksanaanya dilakukan melalui wawancara mendalam. Selain itu, penelitian ini menggunakan data primer melalui hasil data kuantitatif yang
diperoleh dari responden dan informan serta data sekunder yang bersumber dari pemerintah kota setempat yang dikelola oleh bagian Kantor Dagang dan Industri (Kadin) dan Badan Promosi dan Pengelola Keterkaitan Usaha (BPPKU) Kota Bandung. Pengumpulan data berlangsung selama 30 hari dari tanggal 5 April hingga 5 Mei 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi internet oleh pelaku UMKM dilihat berdasarkan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan bernilai positif atau sangat baik. Sementara itu proses pemanfaatan internet yang dilakukan UMKM terhadap usaha mereka secara komposit bernilai positif. Namun untuk perkembangan UMKM pada aspek jaringan kerjasama bernilai negatif sedangkan pada aspek kenaikan pendapatan bernilai positif. Perolehan jaringan melalui internet ternyata bukan perkara yang mudah terjalin melalui internet, hal ini terjadi karena faktor kepercayaan, kualitas usaha dan antusiasme UMKM yang rendah dalam mencari jaringan usaha. Penelitian ini menunjukkan bahwa responden UMKM menerapkan teknologi internet meskipun sebagian responden memiliki tingkat pengetahuan yang masih rendah. Responden memanfaatkan teknologi internet secara maksimal sehingga pendapatan responden mengalami kenaikan secara signifikan dengan persentasi 15-40 persen dari pendapatan sebelum menggunakan internet.