Show simple item record

dc.contributor.advisorDwiriani, Cesilia Meti
dc.contributor.authorFadhilah, Iffah
dc.date.accessioned2023-10-23T08:59:21Z
dc.date.available2023-10-23T08:59:21Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127694
dc.description.abstractKeberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas. Tahun 2009 tercatat, peringkat Human Development Index (HDI) Indonesia berada pada urutan ke 111 dari 182 negara (UNDP 2009). Perbaikan SDM harus dilakukan dengan investasi di bidang gizi/kesehatan dan pendidikan (Khomsan 2004). Salah satu defisiensi zat gizi yang masih menjadi masalah adalah anemia. Remaja dengan defisiensi besi beresiko mengalami ganguan kognitif, khususnya bagi yang mengalami anemia defisiensi besi. Hal ini mengakibatkan rendahnya performa dan skor akademik remaja di sekolah (Kretsch et al. 1997). Faktor internal yang juga berperan dalam pencapaian prestasi belajar adalah motivasi belajar. Motivasi belajar perlu diperhatikan agar siswa dapat mengarahkan dan memelihara ketekunannya dalam belajar (Sardiman 2005). Berdasarkan pertimbangan hal diatas, dilakukan penelitian untuk mengetahui adakah hubungan antara status anemia dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswi SMP. Tujuan umum penelitian adalah untuk menganalisis hubungan status anemia dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswi sekolah menengah pertama di Kabupaten Bogor. Tujuan khusus penelitian yaitu: 1) Mempelajari karakteristik contoh (status anemia, usia, usia menarche, status gizi dan jumlah uang saku), serta karakteristik sosial ekonomi keluarga (besar keluarga, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan orangtua), 2) Mempelajari pengetahuan dan sikap gizi contoh, 3) Mempelajari kebiasaan makan, konsumsi pangan, tingkat kecukupan energi, protein, zat besi, vitamin A dan vitamin C contoh, 4) Mempelajari motivasi dan prestasi belajar contoh, 5) Menganalisis hubungan antara status anemia dengan prestasi belajar dan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan bagian dari kegiatan penelitian payung yang berjudul “Studi Efikasi Pengaruh Suplementasi dan Pendidikan Gizi Terhadap Status Besi, Kebiasaan Makan, dan Prestasi Belajar Remaja Putri”. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study. Penelitian dilakukan di dua SMP Negeri di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2009 dan Mei hingga Juni 2010. Populasi contoh dalam penelitian ini adalah para siswi kelas 1 dan 2 dari dua SMP Negeri terpilih di Kabupaten Bogor. Pemilihan contoh dilakukan dengan kriteria inklusi: 1) Contoh sudah mengalami menstruasi; 2) Contoh bersedia diambil darah; 3) Contoh tidak sedang sakit saat pengambilan darah; 4) Contoh bersedia menjadi contoh dalam penelitian payung. Jumlah contoh yang digunakan dalam penelitian didasarkan pada kelengkapan data yang diperoleh. Dari hasil kriteria diperoleh 18 contoh anemia dan 70 contoh tidak anemia yang berasal dari dua sekolah. Untuk data prestasi belajar digunakan 17 contoh anemia dan 63 contoh tidak anemia. Data penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer yang diambil meliputi: data karakteristik contoh (status anemia, nama, umur, usia menarche, besar uang saku per hari, berat badan dan tinggi badan), karakteristik sosial ekonomi keluarga (besar keluarga, lama pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, penghasilan orangtua), pengetahuan dan sikap gizi, kebiasaan makan, konsumsi pangan, serta motivasi belajar contoh yang diperoleh dari pengisian kuesioner setelah dijelaskan oleh peneliti. Adapun data sekunder yang dikumpulkan adalah nilai rapor contoh pada semester satu tahun ajaran 2009/2010. Data-data tersebut diolah menggunakan program computer Microsoft Excel 2007 for windows dan SPSS for Windows versi 17.0.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universtyid
dc.subject.ddcHuman ecologyid
dc.subject.ddcNutrition scienceid
dc.titleHubungan status anemia dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswi sekolah menengah pertamaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAnemic statusid
dc.subject.keywordLearning motivationid
dc.subject.keywordLearning Achievementid
dc.subject.keywordJunior High School Girlsid
dc.subject.keywordBogor Agricultural Universityid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record