Analisis Korespondesi Ordinal Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Konsumen
View/ Open
Date
2011Author
Saumi, Tia Fitria
sadik, Kusman
Aidi, Muhammad Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengukuran mengenai kepuasan konsumen sangat dibutuhkan oleh produsen untuk mengetahui posisi produk mereka dengan produk pesaingnya sehingga dapat meningkatkan kualitas produk tersebut. Dewasa ini banyak lembaga riset pemasaran yang melakukan evaluasi kepuasan terhadap konsumen dengan cara memberikan kuisioner dengan respon berupa skala ordinal, yaitu dengan memberikan penilaian mengenai kepuasan dengan skala yang terurut yaitu: sangat tidak puas (1), tidak puas (2),antara puas dan tidak (3) puas (4), sangat puas (5). Dalam beberapa tahun ini, dikembangkan suatu metode atau teknik analisis korespondensi yang dapat memberikan informasi yang lebih mengenai hubungan antara peubah kategori ordinal dan objek amatan. Metode ini menggunakan suatu penguraian nilai singular yang berbeda dengan yang selama ini digunakan dalam analisis korespondensi klasik. Metode ini menggunakan penguraian hibrid (hybrid decomposition) yaitu suatu penguraian yang menggabungkan antara penguraian nilai singular (singular value decomposition) dan polinomial ortogonal melalui penguraian momen bivariat (bivariate moment decomposition), sehingga teknik ini disebut sebagai analisis korespondensi ordinal