Analisis perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian pop mie (studi kasus mahasiswa strata 1 IPB)
Abstract
Mie dalam kemasan cup merek Pop Mie merupakan produk dengan
inovasi praktis dalam penyajian mie yang mengalami persoalan terhadap keluhan
konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
karakteristik konsumen yang melakukan pembelian Pop Mie, untuk
mengidentifikasi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen Pop Mie,
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan
konsumen dalam pembelian Pop Mie dan menganalisis sikap konsumen terhadap
atribut-atribut yang dimiliki oleh Pop Mie. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis
multiatribut Fishbein dan analisis faktor. Karakteristik konsumen yang digunakan
dalam penelitian ini terdiri dari jenis kelamin, usia, jumlah anggota keluarga,
sumber dana, dan pendapatan per bulan. Berdasarkan analisis multiatribut
Fishbein, nilai sikap konsumen terhadap Pop Mie cukup baik dengan skor sebesar
8.656. Berdasarkan hasil analisis faktor terdapat lima faktor yang terbentuk yaitu
perbedaan individu, pengaruh lingkungan sekitar dan sosial, pendapatan, sumber
informasi dan psikologis
Collections
- UT - Agribusiness [4259]