Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian beras domestik dan impor
View/ Open
Date
2003Author
Suryana, Anggita Tresliyana
Dewi, Febriantina
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian adalah (1) mengkaji karakteristik konsumen beras domestik dan impor, (2) menganalisis tahap proses keputusan yang dilakukan konsumen dalam pembelian beras domestik dan impor serta menganalisis variabel- variabel dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian beras domestik dan impor, selanjutnya (3) menyusun reskomendasi strategi pemasaran beras berdasarkan studi perilaku konsumen.
Pemilihan tempat dilakukan secara sengaja (purposive) dengan
pertimbangan bahwa Kelurahan Babakan memiliki responden dengan latar belakang
status sosial ekonomi yang beragam dan memperoleh beras melalui pembelian.
Penelitian dilakukan bulan Maret-April 2003. Metode penarikan sampel dalam
penelitian ini adalah Stratified Cluster Sampling (Nazir, 1985). Metode Cluster
Sampling digunakan dalam pemilihan lokasi penelitian, sedangkan pengambilan
sampel responden dilakukan dengan metode Stratified Random Sampling.
Pengolahan data menggunakan Analisis Faktor yang bertujuan melihat korelasi antar variabel dalam komponen utama yang dipertimbangkan oleh konsumen. Pengolahan data dengan Analisis Faktor menghasilkan tiga komponen utama yang dipertimbangkan konsumen pada setiap kelas sosial. Variabel utama yang paling dominan mempengaruhi responden kelas bawah adalah keragaman jenis beras di toko, perolehan informasi dari penjual, dapat membeli dengan cara berhutang, lokasi penjual, dan daya tahan beras, sedangkan variabel dominan pada kelas menengah adalah rasa beras, kepulenan beras, daya tahan beras, dan kenyamanan lokasi pembelian. Variabel yang mempengaruhi konsumen kelas atas adalah beragam jenis beras yang dijual, pengetahuan tentang beras, kemasan beras, iklan beras, dan keutuhan butir beras.
Strategi pemasaran yang sebaiknya dilakukan mencakup strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi distribusi. Dalam strategi produk, pemasar hendaknya melakukan grading pada beras sejenis, menjaga kebersihan, menyalurkan beras yang pulen, dan lebih memperhatikan kemasan yang menarik.