Analisis preferensi konsumen terhadap atribut wisata pantai anyer
Abstract
Pariwisata memberikan kontribusi tersendiri terhadap pembangunan di Indonesia hal ini karena pariwisata menyumbangkan devisa yang cukup besar. Pada tahun 2001 sumbangan devisa sektor pariwisata sebesar 5.386,26 juta US$. Indonesia memiliki potensi sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari lebih 17.000 pulau dan memiliki garis pantai dengan panjang 81.000 km serta 70% dari luas wilayah Indonesia adalah perairan laut. Oleh karena itu wisata pantai yang merupakan bagian dari wisata alam dan lingkungan yang berlandaskan daya tarik bahari dan kawasan yang didominasi perairan atau kelautan sangat mungkin untuk dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di Pantai Anyer yang terletak di Kecamatan Anyer Kabupaten Serang, Banten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) memahami perilaku dan proses keputusan konsumen dalam pembelian jasa wisata alam Pantai Anyer, (2) menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut wisata alam Pantai Anyer, (3) rekomendasi alternatif kebijakan dalam meningkatkan pelayanan dan pengembangan objek wisata Pantai Anyer. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data diolah dengan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) dan Analisis Thurstone dengan software PC MDS Case 5.