Analisis pemasaran benih padi bersertifikat: Studi kasus PT.Sang Hyang Seri Cabang Sulawesi Selatan
Abstract
Kondisi dimana Sulawesi Selatan mampu menjadi penghasil beras, tidak terlepas dari potensi luas
lahan tanaman padi yang dimilikinya. Dengan potensi ini Sulawesi Selatan mampu menjadi lumbung
pangan nasional. Namun diketahui dari luas tanam yang ada baru 26 persen yang menggunakan benih unggul bersertifikat pada tahun 1996. Apabila penggunaan benih unggul ini dapat ditingkatkan, maka akan meningkatkan produksi beras Sulawesi Selatan yang berarti memantapkan dirinya sebagai lumbung pangan nasional.
Upaya dalam peningkatan pemakaian benih bersertifikat di Sulawesi Selatan tidak terlepas dari strategi yang ditempuh oleh para produsen benih berkaitan dengan kondisi lingkungan yang dihadapinya, serta kondisi industri perbenihan di Sulawesi Selatan. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis daur hidup produk benih bersertifikat, serta posisi produk benih padi bersertifikat PT. Sang Hyang Seri Cabang Sulsel terhadap produk sejenis dari perusahaan lain di Sulsel; (2) mengidentifikasi serta menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapinya; (3) menganalisis strategi pemasaran dengan pendekatan bauran pemasaran; dan (4) merumuskan strategi pemasaran altematif yang dapat dijalankan perusahaan dengan pendekatan bauran pemasaran.