Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Bandeng di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang
Abstract
Kabupaten Karawang merupakan sentra produksi ikan bandeng di Jawa Barat. Produksi ikan bandeng terus meningkat, namun harga ikan bandeng berfluktuasi. Fluktuasi harga menyebabkan ketidakpastian pendapatan baik bagi petani sebagai produsen maupun pedagang sebagai lembaga pemasaran. Fluktuasi harga sangat erat kaitannya dengan sistem pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem pemasaran dan efisiensi pemasaran ikan bandeng di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam saluran pemasaran ikan bandeng di Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Lembaga pemasaran yang terlibat didalamnya antara lain petani, pedagang pengumpul desa, pedagang besar, pedagang pengecer dan pengolah. Dilihat dari nilai marjin pemasaran dan farmer’s share, seluruh saluran pemasaran ikan bandeng sudah efisien. Dari seluruh saluran pemasaran, saluran pemasaran 1 merupakan saluran yang relatif lebih efisien dengan nilai marjin terendah sebesar 9.71 persen dan farmer’s share tertinggi sebesar 90.29 persen. Nilai rasio keuntungan atas biaya pada seluruh lembaga pemasaran telah menyebar secara merata.
Collections
- UT - Agribusiness [4548]