Efektivitas komunikasi iklan televisi dan pengaruhnya terhadap pembelian produk perikanan oleh ibu rumah tangga di kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur
View/ Open
Date
2003Author
Bahukeling, Trukan Sri
Nurhayati, Popong
Taryono
Metadata
Show full item recordAbstract
Iklan merupakan bagian dari bauran promosi yang bertujuan memperkenalkan produk kepada calon konsumen dengan tujuan akhir adalah keputusan pembelian oleh konsumen. Media televisi merupakan media yang memiliki kemampuan audio visual dan memiliki kemampuan mempengaruhi yang cukup tinggi. Ibu rumah tangga (IRT) merupakan agen pembelian keluarga yang cukup penting dan peran ini mulai dipertimbangkan oleh pemasar. Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur memiliki karakteristik yang menarik karena wilayahnya didominasi oleh pemukiman umum dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik IRT di Kelurahan Lubang Buaya dan efektivitas komunikasi iklan televisi pada produk agar-agar powder merek Swallow Globe, jelly powder merek Nutrijell, jelly merek Okky Jelly, Ikan Sarden kaleng merek ABC dan Ikan Makarel goreng kaleng merek Gaga serta mencari hubungannya dengan karakteristik IRT dan keputusan pembelian IRT.
Pengukuran efektivitas komunikasi iklan menggunakan metode copy testing dengan pengukuran lima kekuatan dan pencarian hubungan menggunakan Uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik IRT di Kelurahan Lubang Buaya cukup bervariasi. Peringkat efektivitas komunikasi iklan televisi menunjukkan semakin tinggi peringkat maka iklan berpotensi lebih efektif. Peringkat pertama efektivitas komunikasi iklan televisi adalah agar-agar powder merck Swallow Globe, kedua adalah jelly powder merek Nutrijell, ketiga adalah Ikan Makarel goreng kaleng merek Gaga, keempat adalah Ikan Sarden kaleng merek ABC dan kelima jelly merek Okky Jelly. Proses pencarian hubungan menunjukkan perbedaan tingkat usia menentukan tingkat efektivitas komunikasi iklan jelly merek Okky Jelly dan perbedaan tingkat pendidikan menentukan efektivitas komunikasi iklan Ikan Makarel goreng kaleng merek Gaga. Selebihnya sebanyak 18 hubungan perbedaan karakteristik IRT tidak menentukan efektivitas komunikasi iklan televisi produk yang diteliti. Proses pencarian hubungan antara efektivitas komunikasi iklan televisi dengan keputusan pembelian oleh IRT menunjukkan perbedaan efektivitas komunikasi iklan televisi tidak menentukan keputusan pembelian produk jelly powder merek Nutrijell. Perbedaan efektivitas komunikasi iklan menentukan keputusan pembelian produk agar-agar powder Swallow Globe, Ikan Makarel goreng Gaga, Ikan Sarden kaleng ABC, serta jelly merek Okky Jelly.