Pengaruh brand awareness, brand trust, dan brand affect terhadap brand loyalty produk air minum dalam kemasan merek aqua
View/ Open
Date
2010Author
Damiko, Febi
Sumarwan, Ujang
Yuliati, Lilik Noor
Yuliati, Lilik Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsumen yang loyal terhadap suatu merek (brand loyalty) akan bersedia membayar lebih untuk merek tersebut karena mereka merasa telah mendapatkan nilai atau value yang unik dalam merek tersebut yang tidak didapatkan dari merek lain. Keunikan nilai tersebut diperoleh melalui kepercayaan yang lebih besar dalam sebuah merek (brand trust) atau melalui pengaruh yang dihasilkan oleh sebuah merek ketika konsumen menggunakannya (brand affect). Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand awareness, brand trust, dan brand affect terhadap brand loyalty produk minuman aqua. Secara khusus, penelitian ini bertujuan; (1) mengidentifikasi karakteristik responden; (2) mengidentifikasi alasan mengkonsumsi produk air minum dalam kemasan gallon merek aqua; (3) mengidentifikasi tingkat brand awareness, brand trust, brand affect, dan brand loyalty responden terhadap produk air minum dalam kemasan gallon merek aqua; (4) menganalisis hubungan karakteristik responden dan alasan mengkonsumsi produk, brand awareness, brand trust, brand affect, dan brand loyalty; (5) Menganalisis pengaruh brand awareness, brand trust, dan brand affect terhadap brand loyalty produk minum aqua.
Penelitian ini menggunakan disain cross sectional study dan lokasi penelitian dipilih secara purposive. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Alam Sinar Sari, Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor dari bulan Juli 2009 hingga Juni 2010. Populasi penelitian ini adalah keluarga yang berdomisili di Perumahan Alam Sinar Sari, Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor sebanyak 436 KK. Unit analisis penelitian ini adalah keluarga yang sedang atau pernah mengkonsumsi air minum aqua gallon dalam waktu satu bulan terakhir. Pemilihan contoh dengan menggunakan metode convenience sampling. Contoh yang diambil sebanyak 104 orang yang ditentukan berdasarkan rule of thumb pengambilan sampel structural equation modelling (SEM).
Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, artikel, internet, journal dan literatur-literatur yang dikeluarkan lembaga-lembaga terkait serta bahan pustaka yang diambil dari hasil penelitian sebelumnya. Pada tahap analisis yang dilakukan adalah deskriptif, chi square, korelasi spearman dan SEM.