Penerapan bootstrap aggregating dominance analysis untuk menentukan faktor penting bagi pengguna kosmetik Bodyshop
View/ Open
Date
2016Author
Simamora, Trifosa Iin
Wijayanto, Hari
Sadik, Kusman
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelian kembali suatu produk kosmetik dipengaruhi oleh banyak faktorfaktor
keunggulan yang dimiliki kosmetik tersebut. Pendekatan regresi logistik
biner parsial digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh nyata
terhadap pembelian kembali kosmetik, sementara dominance analysis digunakan
untuk menentukan kepentingan faktor-faktor tersebut dengan ukuran kecocokan
model McFadden
sebagai nilai pembanding. Berdasarkan hasil analisis
regresi logistik biner dihasilkan sepuluh peubah yang berpengaruh nyata pada
taraf 1%, kemudian dilakukan pemeringkatan kepentingan peubah menggunakan
dominance analysis dengan urutan peubah “efek pemutihannya bagus”, “membuat
penampilan saya berbeda”, “desain kemasan yang bagus dan user friendly”,
“lembut dan tidak mengiritasi”, “ada efek mencerahkan”, “banyak promosi
diskon”, “efek anti penuaannya bagus”, “membuat saya tampil prestise”, “aman
dan terpercaya”, dan “banyak iklannya”. Analisis ini mensimulasikan bootstrap
aggregating untuk menyelidiki kinerja dari model dominance analysis yang
menghasilkan dua kelompok peubah berdasar tingkat kepentingannya.