Analisis strategi pengembangan pasar produk bunga potong: kasus pada PT. Alam Indah Bunga Nusantara, Cipanas, Cianjur
Abstract
Tanaman hias sebagai bagian dari komoditi hortikultura merupakan komoditi yang mempunyai potensi produksi yang cukup besar mengingat Indonesia sebagai Begeri yang beriklim tropis (Adjid, 1996). Diantara komoditi tanaman hias, bunga potong merupakan komoditi yang potensial untuk diusahakan. Volume penjualan Bunga potong pada tahun 2000 dan 2001 memiliki persentase yang tinggi yaitu asing-masing sebesar 94,38 % dan 87,94 % dibandingkan tanaman hias lainnya. Bunga potong adalah bunga yang dimanfaatkan untuk bahan rangkaian bunga. Rata- Fata volume perdagangan tanaman hias di Indonesia sebesar 160 ribu tangkai bunga potong per hari. Laju pertumbuhan tiap tahunnya bergerak 15-25 %, untuk hari-hari besar permintaan meningkat dua sampai tiga kali lipat dibandingkan hari-hari biasanya. Permintaan bunga dunia, terutama dari kawasan UE, AS, dan Jepang terus mengalami peningkatan. Selain tiga kawasan tersebut, Cina bakal menjadi pasar masa depan dan sangat terbuka bagi bunga Indonesia
Masalah yang dihadapi dalam bisnis bunga potong saat ini adalah kondisi lingkungan yang selalu berubah-ubah baik lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Selain itu, adanya era perdagangan bebas yang akan dimulai pada tahun 2003 dimana pada era ini tidak akan muncul hambatan dalam perdagangan yang bersifat tarif bagi semua produk baik yang akan masuk ke Indonesia maupun ke luar negeri, menyebabkan persaingan dalam bisnis bunga potong semakin ketat. PT Alam Indah Bunga Nusantara sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi bunga potong di Indonesia, harus memperhatikan kondisi di atas agar dapat bertahan dalam industrinya. Untuk itu perlu dilakukan analisis terhadap strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan selama ini oleh perusahaan, analisis terhadap lingkungan pemasaran perusahaan baik internal maupun eksternal serta melakukan kajian terhadap peluang-peluang pasar yang ada untuk selanjutnya dapat dilakukan strategi pengembangan pasar untuk meningkatkan pangsa pasarnya.
Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah yang telah diuraikan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan selama ini, mengidentifikasi variabel- variabel yang terdapat pada lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi perusahaan, dan merekomendasikan alternatif strategi pengembangan pasar yang mungkin ditempuh guna menembus suatu pasar yang baru.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kunlitatif baik yang berupa data primer maupun sekunder yang diperoleh dari sumber internal dan eksternal perusahaan. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik observasi langsung di lapang, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Responden terdiri dari kepala bagian personalia, bagian produksi, bagian pemasaran, dan bagian uangan. Wawancara dan kuesioner dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor...