Pemasaran Ikan Bandeng di Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan
Abstract
Ikan bandeng merupakan produk unggulan di Kecamatan Kalitengah
Kabupaten Lamongan. Namun demikian, harga ikan bandeng yang diterima
petani rendah dan memiliki marjin yang cukup besar antara harga di tingkat petani
dan konsumen, hal ini mengindikasikan adanya pemasaran yang tidak efisien.
Selain itu ikan bandeng memiliki sifat mudah rusak sehingga dalam proses
pemasaran membutuhkan penanganan lebih. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji saluran, lembaga dan fungsi pemasaran, serta efisiensi pemasaran. Data
dikumpulkan dari 42 petani ikan bandeng, 15 pengumpul lokal, 7 pedagang besar,
7 pedagang pengecer besar, 15 pedagang pengecer kecil. Penentuan petani
responden berdasarkan metode systematic sampling dan metode snowball
sampling untuk lembaga pemasaran yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat 8 saluran pemasaran dimana saluran pemasaran 6 (petani dan
pedagang pengecer besar) merupakan saluran yang relatif efisien karena memiliki
margin pemasaran terkecil, farmer’s share paling besar, rasio keuntungan
terhadap biaya yang menyebar secara merata, dan market share yang kecil.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]