Analisis pemasaran Stroberi di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat
Abstract
Stroberi merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki nilai
jual yang tinggi. Produktivitas stroberi mengalami penurunan yang cukup
signifikan disaat permintaan terhadap stroberi terus meningkat. Fakta ini
menunjukkan adanya prospek pemasaran stroberi yang harus didukung dengan
saluran pemasaran yang efisisen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
pemasaran dan efisiensi pemasaran dan memberikan saran terhadap saluran
pemasaran yang dapat dijadikan alternatif. Metode pengumpulan data mengunakan
metode purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menujukkan
saluran pemasaran 2 lebih efisien secara relatif dan operasional ( petani–CV
Barokah Tani–pedagang retail) dengan saluran pemasaran 5 dan 6 sebagai saluran
pemasaran alternatif yang ekuivalen. Indikator efisiensi pemasaran adalah margin
pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan atas biaya, volume penjualan, dan
fungsi-fungsi pemasaran. Pembentukan kelompok tani menjadi salah satu saran
peneliti untuk meningkatkan nilai tambah stroberi dalam bidang agrowisata dan
produk olahan.
Collections
- UT - Agribusiness [4624]