Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen Restoran Gubug Udang Situ Cibubur, di Kota Depok
Abstract
Restoran Gubug Udang Situ Cibubur merupakan restoran tradisional yang berciri khas sunda dengan menu unggulan berupa udang. Penelitian ini dilakukan karena melihat banyaknya jumlah restoran di Kota Depok menunjukkan adanya persaingan usaha. Tujuan penelitian untuk menganalisis karakteristik konsumen, keputusan pembelian konsumen, mengetahui kepuasan, loyalitas konsumen dan hubungan kepuasan dan loyalitas konsumen. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), piramida loyalitas dan uji Rank Spearman. Karakteristik konsumen restoran ini berdomisili di kota Depok, berjenis kelamin perempuan memiliki usia 25-35 tahun dengan tingkat pendidikan terakhir sarjana, bekerja sebagai pegawai swasta, sudah menikah dan pendapatan perbulan lebih besar dari Rp 5 000 000. Berdasarkan nilai CSI yang dihasilkan indeks kepuasan konsumen sebesar 68.36 persen termasuk kedalam kategori puas. Analisis loyalitas konsumen sebagian besar termasuk kedalam tingkatan habitual buyer sebesar 47 persen. Korelasi uji Rank Spearman terdapat hubungan antara tingkat kepuasan dan tingkat loyalitas dengan nilai koefisien korelasi 0.398 berada pada kategori berkorelasi lemah.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]