Keputusan Pembelian dan Determinan yang Memengaruhi Ekuitas Merek Madu Kemasan Madurasa
Abstract
Madu merupakan produk pangan sekunder yang termasuk dalam produk nutraceutical dengan fungsi kesehatan bagi tubuh manusia. Kebutuhan madu terus meningkat terutama sejak adanya Covid 19 dan membuat banyak merek madu kemasan bersaing. Madurasa menjadi merek teratas dalam kategori madu kemasan bermerek yang mengindikasikan bahwa Madurasa memiliki ekuitas merek yang kuat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola perilaku pembelian konsumen Madurasa dan determinan apa saja yang dapat memengaruhi ekuitas merek. Penelitian berlokasi di Jabodetabek dari bulan Oktober 2022 hingga September 2023. Data yang digunakan meliputi data primer dari kuesioner online. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, tabulasi silang, dan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsumen Madurasa cenderung merencanakan pembelian produk Madurasa. Konsumen lebih menyukai produk berbentuk botol plastik di Minimarket dengan pembelian satu sampai dua produk dalam sekali pembelian dan mengonsumsinya dua sampai tiga kali seminggu. Dimensi ekuitas merek yang berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek Madurasa, yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Berdasarkan hasil ini, Madurasa dapat memperluas distribusi produk, melakukan promosi yang intensif dan membuat inovasi jenis produk dan kemasan untuk meningkatkan dimensi tersebut.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]