Analisis Strategi Pemasaran Cafe Kebun Kita, Bogor
Abstract
Cafe Kebun Kita.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Menganalisis faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dihadapi oleh Cafe Kebun Kita. 2). Merumuskan alternatif strategi pemasaran terbaik dengan memperhatikan lingkungan perusahaan di Cafe Kebun Kita.
Pemilihan lokasi di Cafe Kebun Kita dilakukan secara sengaja (purposive). Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Data disajikan secara deskriftif kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan strategi pemasaran. Analisis deskriftif kualitatif untuk mengetahui lingkungan perusahaan baik itu lingkungan internal maupun eksternal. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan pada matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM
Total skor IFE yang dihasilakan sebesar 2,991. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi internal Cafe Kebun Kita diatas rata-rata atau dinilai cenderung kuat. Faktor yang menjadi kekuatan utama restoran adalah sebagai makanan yang menawarkan Citra Rasa Indonesia, dengan nilai tertimbang tertinggi sebesar 0.274, sedangkan kelemahan utama adalah kurangnya pelatihan SDM dengan nilai tertimbang terkecil sebesar 0.052.
Dari strategi pemasaran dihasilkan tujuh alternatif strategi yang harus dilakukan perusahaan untuk mendapatkan pemasaran dan penjualan yang baik. Tujuh strategi tersebut adalah: produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, fisik. Citarasa Indonesia, kualitas dan kesegaran yang terjaga, inovasi produk menjadi keunggulan bagi produk-produk yang ditawarkan Cafe Kebun Kita. Penyebaran iklan yang dilakukan oleh pihak manajemen cafe juga dianggap sudah cukup baik. Sedangkan yang perlu diperhatikan adalah kualitas SDM yang harus terus diberikan pelatihan dan area parkir yang harus ditambah.
Total skor matriks EFE adalah sebesar 3.012. Hal ini menunjukkan Cafe Kebun Kita mampu merespon faktor eksternal dengan memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks EFE menunjukkan bahwa faktor yang menjadi peluang utama perusahaan adalah perubahan gaya hidup masyarakat dengan nilai tertimbang sebesar 0.368. Sedangkan ancaman utama adalah tingkat persaingan dalam industri tinggi dengan nilai tertimbang terkecil sebesar 0.108.
Peluang pasar masih luas disebabkan karena adanya perubahan gaya hidup masyarakat dan pertumbuhan jumlah penduduk. Ancaman yang dihadapi oleh Cafe Kebun Kita adalah tingkat persaingan dalam industri tinggi, dikarenakan banyak usaha kafe atau restoran yang berada disekitar lokasi Cafe Kebun Kita.
Nilai total matriks IFE 2,991 dan matriks EFE sebesar 3,012 menempatkan Cafe Kebun Kita pada posisi kuadran II pada matriks IE. Posisi ini adalah posisi tumbuh dan bina, alternative strategi yang dapat dijalankan berdasarkan matriks SWOT adalah : 1) Meningkatkan voleme penjualan dengan menambah saluran distribusi seperti membuka cabang-cabang Cafe Kebun Kita dipusat perbelanjaan. 2)Peningkatan variasi produk dengan penganekaragaman menu melalui inovasi produk.3) Mengadakan pelatihan SDM untuk meningkatkan kualitas manajerial. 4). Melakukan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan teknologi. 5). Meningkatkan loyalitas pegawai untuk bertahan dalam persaingan industri. 6). Meningkatkan fasilitas berupa penyediaan sarana parkir dan layanan delivery khusus dengan merekrut tenaga kerja yang berkualitas serta pembuatan sertifikasi halal dari BPOM.
Berdasarkan hasil analisis QSPM, dapat dilihat bahwa strategi terbaik yang harus dilakukan saat ini yaitu peningkatan variasi produk dengan penganekaragaman menu melalui inovasi produk. Cafe kebun Kita dapat memanfaatkan peluang dengan pertambahan jumlah penduduk di Kota Bogor, Perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih menginginkan kepraktisan, serta pendapatan masyarakat Kota Bogor yang terus meningkat dapat dimanfaatkan oleh Cafe Kebun Kita dengan meningkatkan mutu produk menjadi lebih baik dan berinovasi dengan penganekaragaman menu, sehingga konsumen mendapatkan banyak pilihan makanan dan pasar semakin berkembang.
Collections
- UT - Agribusiness [4627]