Analisis efisiensi pemasaran daging sapi kerbau di wilayah Kotamadya Bogor
View/ Open
Date
1993Author
Purwono, Joko
Saefuddin, Ahmad M.
Mudikdjo, Kooswardhono
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui struktur, perilaku dan keragaan pemasaran daging sapi kerbau; (2) Menganalisis efisiensi pemasaran daging sapi kerbau dilihat dari segi ekonomi (harga) dan (3) Mengetahui efisiensi pemasaran dilihat dari segi operasional.
Penelitian ini dilakukan pada bulan April 1993 di seluruh wilayah Kotamadya Bogor. Agustus Data dan infor- masi yang berupa data sekunder dikumpulkan secara langsung dari berbagai instansi terkait. Data primer dikumpulkan secara langsung dari pedagang-pedagang contoh baik peda- gang pengecer, pengumpul, maupun bandar daging dengan menggunakan daftar isian yang telah disiapkan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur pasar daging sapi kerbau yang berlaku di Kotamadya Bogor saat ini cenderung ke struktur pasar bersaing.
Dari hasil wawancara terhadap seluruh pedagang contoh menunjukkan bahwa cara penentuan harga daging yang dijual pada setiap tingkat dan lokasi pasar menggunakan metode "cost plus pricing".
Collections
- MT - Economic and Management [3184]
