Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Penggunaan E-money di Wisata Kampung Karuhun Sumedang.
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi fokus dalam strategi peningkatan perekonomian Indonesia pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Namun, sektor pariwisata mengalami kemunduran akibat munculnya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020. Pembatasan mobilisasi dan interaksi akibat pandemi mengubah kebiasaan masyarakat. Kehadiran e-money memberi kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi dan bertransaksi secara virtual tanpa perlu kontak fisik yang berpotensi memengaruhi keputusan berkunjung wisatawan. Lokasi wisata yang telah menggunakan e-money dalam transaksinya adalah Kampung Karuhun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi keputusan penggunaan e-money. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif didukung kualitatif. Data dianalisis dengan uji regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan usia, jenis pekerjaan, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menggunakan e-money di Kampung Karuhun, sedangkan tingkat pendapatan tiap bulan dan domisili berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan menggunakan e-money di Kampung Karuhun. Tourism is one of the sectors focused on in Indonesia's economic enhancement strategy in the National Medium-Term Development Plan 2020-2024. However, the tourism sector experienced a setback due to the emergence of the Covid-19 pandemic in early 2020. Mobility and interaction restrictions resulting from the pandemic have changed societal habits. The presence of e-money provides an opportunity for the community to interact and conduct transactions virtually without the need for physical contact, which could potentially influence tourists' visitation decisions. A location that has adopted e-money for its transactions is Kampung Karuhun. The aim of this research is to analyze the factors that can influence the decision to use e-money. The research employs a quantitative approach supported by qualitative methods. Data is analyzed using binary logistic regression. The research results indicate that age, occupation, perceived ease of use, and perceived benefits significantly and positively influence the decision to use e-money in Kampung Karuhun, while monthly income and domicile have a significant negative impact on the decision to use e-money in Kampung Karuhun.