dc.description.abstract | Peningkatan jumlah startup edutech di Indonesia dapat mengakibatkan
persaingan bisnis menjadi ketat. MasukKampus merupakan salah satu startup
edutech yang menawarkan layanan e-learning bagi siswa SMA dan mahasiswa di
Indonesia. MasukKampus unggul di media sosial Instagram, tetapi pertumbuhan
traffic website perbulannya dan jumlah pengguna layanannya tidak lebih tinggi
daripada startup A dan startup B. Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis
karakteristik followers Instagram MasukKampus, (2) menganalisis pengaruh theory
of planned behavior (attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control)
terhadap niat beli produk MasukKampus, dan (3) menganalisis pengaruh harga
terhadap niat beli produk MasukKampus. Sampel pada penelitian ini berjumlah 220
responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data
pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan SEM PLS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel
attitude, subjective norms, perceived behavioral control, dan harga terhadap niat
beli produk MasukKampus. | id |