Analisis Kepuasan Karyawan Berdasarkan Segmentasi Divisi Human Capital Business Partner
View/ Open
Date
2019Author
Nichlah, Shinta Shelvyra Nazelin
Anisa, Rahma
Sumertajaya, I Made
Metadata
Show full item recordAbstract
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) menyatakan bahwa penyedia jasa pelayanan publik perlu melakukan survei kepuasan secara berkala sebagai evaluasi. Kepuasan yang dinilai dalam penelitian ini adalah kepuasan karyawan dari anak perusahaan PT A. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran kepuasan dan persepsi karyawan disetiap divisi, serta untuk menentukan skala prioritas perbaikan, guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan melalui survei tahun 2017 dengan quota sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Sebelum dilakukan analisis CSI, terlebih dahulu dilakukan analisis ragam dengan faktor-faktor yakni divisi, usia, dan masa kerja menggunakan Faktorial Rancangan Acak Lengkap (FRAL) untuk menentukan apakah ada perbedaan rata-rata kepuasan untuk setiap faktor. Hasil ANOVA dengan a = 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata kepuasan antar setiap kombinasi faktor. Hasil yang didapat dari analisis ini juga menunjukkan adanya kerterkaitan antara usia dan masa kerja dengan kepuasan yang dirasakan karyawan. Berdasarkan metode analisis CSI, secara umum diperoleh nilai kepuasan karyawan sebesar 86.70 persen (sangat puas). Hasil metode analisis IPA menunjukkan atribut yang harus ditingkatkan kinerjanya yaitu pemahaman kebutuhan perencanaan, pemberian apresiasi, jenis apresiasi dan reward¸ serta penyelesaian pertanyaan dan keluhan.