Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Warung Kopi Raja
Abstract
Kopi merupakan salah satu hasil produk pertanian yang telah memiliki banyak peminat dan paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia (International Coffee Organization 2015). Peningkatan tingkat produksi dan konsumsi kopi di Indonesia menyebabkan jumlah kafe dan restoran di Kabupaten Bogor juga meningkat khususnya kedai kopi sehingga memunculkan lingkungan yang kompetitif. Salah satu kedai kopi yang muncul yaitu Warung Kopi Raja yang terletak di Ciampea. Menjadi pendatang baru merupakan tantangan bagi pihak manajemen Warung Kopi Raja untuk berkembang dan bertahan dalam persaingan tersebut. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui karakteristik konsumen, mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian konsumen, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen di Warung Kopi Raja. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis faktor. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan proses pengambilan keputusan pembelian konsumen. Analisis faktor digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian dengan bantuan perangkat lunak Statistical Package for Social Science (SPSS) Version 26. Coffee is one of the agricultural products that has many enthusiasts and is most traded throughout the world (International Coffee Organization 2015). The increase in the level of production and consumption of coffee in Indonesia has caused the number of cafes and restaurants in Bogor Regency to also increase, especially coffee shops, thus creating a competitive environment. One of the coffee shops that emerged was Warung Kopi Raja, located in Ciampea. Being a newcomer is a challenge for the management of Warung Kopi Raja to develop and survive in this competition. This research was conducted with the aim of knowing the characteristics of consumers, knowing the process of making consumer buying decisions, and analyzing the factors that influence consumer buying decisions at Warung Kopi Raja. The method used in this study uses descriptive analysis methods and factor analysis. Descriptive analysis is used to analyze consumer characteristics and consumer buying decision making processes. Factor analysis is used to analyze the factors that influence purchasing decisions with the help of the Statistical Package for Social Science (SPSS) Version 26 software.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]