Analisis Penerimaan dan Penggunaan Pelanggan terhadap Layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidio
Date
2023-08-21Author
Sasmita, Dini Anggun
Suroso, Arif Imam
Hermadi, Irman
Metadata
Show full item recordAbstract
Layanan aplikasi Vidio merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh PT
Surya Citra Media yang digunakan untuk menikmati konten-konten baik secara
gratis maupun berbayar. Dari sisi layanan berbayar, SVoD Vidio dapat bersaing
dengan layanan SVoD lainnya yang berasal dari luar negeri dengan posisi nomor 5
(lima) di bawah Netflix, Disney+ Hostar, Youtube Premium dan Viu. Walaupun
menetapkan biaya berlangganan yang lebih terjangkau serta memiliki jumlah waktu
pemakaian oleh konsumen terbesar pada Quartal 1 tahun 2022, namun SVoD Vidio
belum bisa menggeser kedudukan dari keempat kompetitor lainnya di mata
pengguna SVoD. Analisa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan
dan penggunaan pelanggan terhadap aplikasi SVoD Vidio penting dilakukan untuk
membantu perusahaan agar dapat mengetahui proyeksi ke depan atas bisnis layanan
SVoD Vidio.
Penelitian ini mengadopsi model penerimaan Unified Theory of Acceptance
and Use of Technology (UTAUT) 2 yang dimodifikasi oleh penulis dengan
menambahkan variabel eksogen konten, serta menghilangkan variabel moderator
pengalaman. Fokus dari penelitian adalah layanan aplikasi SVoD Vidio atau SVoD
Vidio. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) menganalisis kondisi atas faktorfaktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan pelanggan terhadap
layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidio; (2) menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan pelanggan terhadap
layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidio; dan (3) merumuskan
implikasi manajerial untuk layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidio
agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan bisnisnya tetap dapat
berkelanjutan. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan metode purposive
sampling dengan penentuan jumlah sampel memakai metode Lemeshow dan
didapatkan jumlah sampel sebanyak 200 responden yang memenuhi kriteria.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis
Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil dari pengujian dapat dibuktikan bahwa terdapat 3 (tiga) variabel yang
mempengaruhi niat yaitu harapan kinerja, nilai harga dan kebiasaan. Sedangkan 3
(tiga) variabel yang mempengaruhi perilaku adalah kondisi pendukung, kebiasaan
dan niat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa usia dan jenis kelamin
menunjukkan efek moderasi antara kebiasaan terhadap perilaku. Variabel harapan
kinerja, nilai harga dan kebiasaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap
perilaku melalui variabel mediasi niat.
Collections
- MT - Business [1570]