Strategi Pemasaran Beras Organik CV Agro Sukses Abadi Yogyakarta
Abstract
CV Agro Sukses Abadi adalah salah satu perusahaan yang mengusahakan beras organik di daerah Yogyakarta. Hingga saat ini, CV Agro Sukses Abadi menghadapi permasalahan pada penjualan beras organik yang masih fluktuatif sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kegiatan pemasaran beras organik, merumuskan alternatif strategi bagi kegiatan pemasaran beras organik serta menetapkan prioritas strategi pemasaran beras organik yang dapat diterapkan oleh CV Agro Sukses Abadi. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis lingkungan internal dan ekstenal, matriks IE dan SWOT untuk formulasi alternatif
strategi, dan QSPM untuk penentuan prioritas strategi. Berdasarkan hasil penelitian, CV Agro Sukses Abadi berada pada sel IV yaitu “Tumbuh dan Membangun” yang memiliki lima alternatif strategi pemasaran. Strategi yang menjadi prioritas pemasaran beras organik CV Agro Sukses Abadi berdasarkan QSPM adalah peningkatan promosi dan pemasaran menggunakan digital marketing untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan nilai STAS sebesar 5,449. CV Agro Sukses Abadi is one of the companies engaged in organic rice cultivation in the Yogyakarta region. Up to this point, CV Agro Sukses Abadi has faced challenges in the fluctuating sales of organic rice, necessitating research to obtain an appropriate marketing strategy. The aim of this study is to analyze the internal and external factors that influence the marketing activities of organic rice,
formulate alternative strategies for marketing organic rice, and determine the priority marketing strategies that can be implemented by CV Agro Sukses Abadi. This research employs the IFE and EFE matrices to analyze the internal and external environments, the IE and SWOT matrices for formulating alternative strategies, and the QSPM for determining priority strategies. Based on the research findings, CV Agro Sukses Abadi falls under quadrant IV, "Grow and Build," which offers five alternative marketing strategies. The priority marketing strategy for organic rice, according to the QSPM, is to enhance promotion and marketing through digital marketing to boost purchasing power among the public, with an STAS value of 5.449.
Collections
- UT - Agribusiness [4401]