Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, Tanggung Jawab, dan Sikap Lingkungan terhadap Perilaku Ekologis Anak Usia Sekolah
Abstract
Permasalahan lingkungan yang masih terjadi di Indonesia adalah masalah sampah dan penggunaan energi yang berlebihan. Di sisi lain, pemerintah telah mengadakan program sekolah Adiwiyata sebagai bentuk implementasi pembelajaran tentang lingkungan hidup di ranah sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, kesadaran, tanggung jawab, dan sikap lingkungan terhadap perilaku ekologis anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional study dan teknis penarikan contoh menggunakan probability sampling dengan metode cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner penelitian yang diisi sendiri oleh responden (self-administered) dengan pendampingan. Responden dalam penelitian ini merupakan siswa SD kelas 4, 5, dan 6 dengan jumlah 207 siswa. Analisis data deskriptif dan uji korelasi menggunakan SPSS, sedangkan untuk uji SEM menggunakan Smart PLS. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan terakhir ayah dan ibu, serta pekerjaan ayah dengan perilaku ekologis. Analisis SEM menunjukkan bahwa tanggung jawab lingkungan berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap sikap lingkungan. Pengetahuan lingkungan, tanggung jawab lingkungan, dan sikap lingkungan memiliki pengaruh langsung yang positif signifikan terhadap perilaku ekologis. Perilaku ekologis anak dapat ditingkatkan dengan cara membiasakan diri mengurangi limbah sampah, membuang sampah pada tempatnya, menghemat energi listrik dan air, serta melakukan daur ulang sampah. Environmental problems that still occur in Indonesia are waste and excessive energy use. On the other hand, the government has held the Adiwiyata school program as a form of implementation of learning about the environment in the school realm. This study aims to analyze the influence of knowledge, awareness, responsibility, and environmental attitudes on the ecological behavior of school-age children. This study used a cross sectional study design and sampling technique using probability sampling with cluster random sampling method. Data were collected by distributing research questionnaires that were filled out by the respondents themselves with assistance. Respondents of this study were elementary school students in grades 4, 5, and 6 with a total of 207 students. Descriptive data analysis and correlation tests used SPSS, while the SEM test used Smart PLS. The correlation test results show that there is a relationship between the last education of the father and mother, as well as the father's occupation with ecological behavior. SEM analysis shows that environmental responsibility has a significant positive effect directly on environmental attitudes. Environmental knowledge, environmental responsibility, and environmental attitudes also have a significant positive direct effect on ecological behavior. Children's ecological behavior can be improved by getting used to reducing waste, throwing garbage in its place, saving electricity and water, and recycling waste.