Literasi Digital Remaja Desa Ditinjau dari Social Cognitive Theory
Abstract
Saat ini, penggunaan internet di Indonesia yang tinggi belum diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang memadai. Literasi digital merupakan kecakapan seseorang yang tidak hanya mampu mengoperasikan teknologi namun juga dapat bermedia digital dengan penuh tanggung jawab dan produktif. Internet dapat menjadi boomerang yang besar dampaknya jika tidak digunakan dengan bijak. Terutama remaja yang merupakan kelompok umur terbesar pengguna internet di Indonesia. Faktor lingkungan dan faktor internal menjadi penentu seseorang dalam berperilaku. Tujuan penelitian ini adalah melihat literasi digital remaja desa dari sudut pandang teori social cognitive theory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul dengan responden sebanyak 75 dan didukung dengan data kualitatif melalui wawancara mendalam dengan informan. Penelitian menunjukan bahwa kepribadian, lingkungan, dan perilaku remaja dalam menggunakan internet tergolong tinggi dan kepribadian memiliki hubungan signifikan dengan arah yang kuat pada perilaku remaja dalam menggunakan internet. Currently, the high use of the internet in Indonesia has not been matched by proper digital literacy skills. Digital literacy is the ability of someone who is not only able to operate technology but also to use digital media responsibly and productively. The internet can be a boomerang if not used wisely. The increasing use of the internet in Indonesia is evidence that internet utilization in Indonesia is widespread and dispersed. It also increases the spread of hoaxes or fake news. Environmental factors and internal factors determine a person's behavior. he purpose of this study is to look at the digital literacy of rural teenagers from the perspective of social cognitive theory.. The method used in this study is a quantitative method using a questionnaire as a collection tool with 75 respondents and supported by qualitative data through in-depth interviews with informants. The research shows that personality, environment, and teenage behavior in using the internet are high and personality has a significant relationship with a strong direction on teenager behavior in using the internet.