Green Consumer Behavior: Manfaat Ekonomi dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Beli Green Product Menstruasi di Kota Bogor
Abstract
Sampah dari produk sanitasi menstruasi merupakan salah satu masalah lingkungan yang sering diremehkan. Kandungan mikroplastik yang terdapat dalam pembalut menjadi salah satu sumber pencemaran lingkungan. Masyarakat perlu didorong untuk menerapkan green consumer behavior untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis persepsi masyarakat Kota Bogor dalam menerapkan green consumer behavior pada produk sanitasi menstruasi; (2) mengestimasi manfaat ekonomi dari penerapan green consumer behavior pada produk sanitasi menstruasi; dan (3) menganalisis faktor yang memengaruhi minat beli masyarakat Kota Bogor terhadap green product menstruasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis biaya, benefit transfer, teknik discounting, dan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan responden memiliki ketertarikan untuk menerapkan green consumer behavior dalam rangka melestarikan lingkungan. Penerapan green consumer behavior pada produk sanitasi menstruasi memberikan potensi manfaat ekonomi sebesar Rp 689.520.333.858. Perceived price memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli green product menstruasi sedangkan green product knowledge, green trust, dan environmental attitude berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli green product menstruasi.