Strategi Pengadaan Halal dalam Industri Makanan di Indonesia
Abstract
Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, memiliki
peluang besar untuk mengembangkan industri halal. Salah satu aspek utama yang
perlu dikembangkan adalah pengadaan halal yang penelitiannya masih sangat
terbatas khususnya di Indonesia. Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan dan
merumuskan strategi pengadaan halal industri makanan halal di Indonesia. Untuk
mengidentifikasi masalah yang terjadi dan mencari solusinya, dilakukan
wawancara dengan para ahli. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Analytical Network Process (ANP) dengan pendekatan Strengths,
Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kekuatan menjadi prioritas utama dalam mengembangkan
pengadaan halal industri makanan di Indonesia. Aspek kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman yang paling berpengaruh, secara berturut-turut menunjukan
bahwa ketersediaan sumber daya bahan baku, kurangnya komoditas bernilai
tambah, ketersediaan jaminan kontinuitas bahan baku, serta banyak pesaing global
dalam industri makanan halal di dunia.
Collections
- UT - Syariah Economic [478]