Hubungan Antara Tingkat Pemanfaatan Media Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp Dengan Tingkat Pengembangan Usaha Berbasis Rumahan (Kasus: Masyarakat Perumahan Cibungbulang Town Hill
Abstract
Salah satu bentuk produk dari kemajuan teknologi komunikasi adalah lahirnya
media sosial. Whatsapp menjadi media yang banyak digunakan untuk memasarkan
produk dan jasa, khususnya para pelaku usaha bisnis berbasis rumahan. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pemanfaatan media
komunikasi melalui aplikasi Whatsapp dengan tingkat pengembangan usaha
berbasis bisnis rumahan pada masyarakat perumahan Cibungbulang Town Hill. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang didukung oleh data
kualitatif menggunakan kuesioner, wawancara mendalam dan observasi lapang.
Teknik pengambilan data menggunakan snowball sampling yaitu mencari sampel
berdasarkan rujukan dari informan yang telah didapatkan (Sugiyono, 2017).
Responden adalah sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat
pemanfaatan media komunikasi melalui aplikasi whatsapp dan tingkat
pengembangan usaha beradHubungan kedua variabel tersebut memiliki hubungan
yang cukup kuat dan nyata dengan nilai korelasi koefisien yang didapat adalah
0,404* dan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,027 sehingga hipotesis yang dirumuskan
dapat diterima.