Riset Problem Space Pengalaman Dosen dalam Menggunakan Research Information Management System
Abstract
Dalam mengembangkan platform seperti research information management
system (RIMS), sangat penting untuk memperhatikan motivasi serta pengalaman
seorang peneliti. Karena pengalaman dan motivasi peneliti untuk menggunakan
kembali layanan pada suatu platform menjadi indikator dalam menentukan
keberhasilan platform tersebut. Namun, saat ini peneliti hanya melihat sedikit nilai
dari RIMS yang menyebabkan rendahnya motivasi peneliti dalam menggunakan
platformnya. Penelitian ini bertujuan untuk menangkap motivasi, masalah, dan
kebutuhan dosen sebagai peneliti dalam menggunakan research information
management system dengan menggunakan design thinking. Penelitian ini berfokus
pada problem space, sehingga hanya akan menggunakan tiga tahapan pada design
thinking, yaitu understand, observe, dan define point of view. Luaran pada
penelitian ini berupa informasi masalah dan kebutuhan dosen, yang mana
diimplementasikan dalam bentuk empathy map, persona, customer journey map,
dan how might we question yang dapat digunakan sebagai peluang solusi untuk
meningkatkan motivasi dan pengalaman dosen dalam menggunakan RIMS. In developing a research information management system (RIMS), it is
essential to pay attention to the motivation and experiences of a researcher.
Because the experience and motivation of researchers to reuse services on a
platform are platform success indicator. Currently,researchers see little value from
RIMS, which causes researcher’s low motivation to use the platform. This study
aims to capture the motivations, problems, and needs of lecturers as researchers,
in using research information management systems using design thinking. The
research focuses on the problem space, so it will only use three stages in design
thinking: understand, observe, and define points of view. The output of this research
is in the form of information on the problems and needs of lecturers, which is
implemented in the form of an empathy map, persona, customer journey map, and
how might we questions which can be used as solutions to increase lecturer
motivation and experience in using RIMS.
Collections
- UT - Computer Science [2323]