Ekuitas Merek Kedai Kopi di Kota Medan
Abstract
Kopi merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Peningkatan konsumsi kopi di Indonesia berdampak pada bertambahnya jumlah kedai kopi di pasaran. Pertambahan jumlah kedai kopi meningkatkan persaingan. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Frontier Consulting terdapat tiga merek kedai kopi dengan Top Brand Index tertinggi yaitu Janji Jiwa, Kopi Kenangan dan Kulo. Index ini diperoleh berdasarkan merek yang pertama disebut, merek yang terakhir dikonsumsi, dan merek yang akan dikonsumsi oleh konsumen. Merek dengan kategori top dapat disimpulkan sebagai merek yang paling terkenal dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ekuitas merek tiga kedai kopi pada remaja dan orang dewasa di Kota Medan dengan mengukur tingkat kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, semantic differential, uji cochran dan piramida loyalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kopi Kenangan unggul pada semua elemen ekuitas merek. Analisis persepsi kualitas menunjukkan bahwa Kopi Kenangan unggul pada dua atribut. Adapun pada elemen asosiasi merek Kopi Kenangan dan Janji Jiwa masing- masing mendapatkan nilai yang sama yaitu memiliki empat asosiasi pembentuk brand image. Berdasarkan hasil analisis keempat elemen ekuitas merek tersebut dapat disimpulkan bahwa merek Kopi Kenangan merupakan merek dengan ekuitas terkuat. Coffee is one of the drinks that are often consumed and liked by the people of Indonesia. The increase consumption of coffee in Indonesia has an impact on the increasing number of coffee shops on the market. The increasing number of coffee shops increases competition as well. Based on the results of research conducted by Frontier Consulting, there are three coffee shop brands with the highest Top Brand Index, namely Janji Jiwa, Kopi Kenangan and Kulo. This index is obtained based on the brand that was first mentioned, the last brand consumed, and the brand that consumers will consume. Brands with the TOP category can be summed up as the most well-known brands and are widely consumed by the public. This study aims to analyze the brand equity of three coffee shops in adolescents and adults in Medan by measuring the level of brand awareness, perceived quality, brand associations and brand loyalty. The method used in this research is descriptive analysis method, semantic differential, cochran test and loyalty pyramid. The results of the analysis shows that Kopi Kenangan brand is superior to the four elements of brand equity. Analysis of perceived quality shows that the Kopi Kenangan brand is superior to two attributes. While the brand association elements, the Kopi Kenangan and Janji Jiwa brands each get the same value, namely having two brand associations. Based on the analysis of the four elements of brand equity, it can be concluded that Kopi Kenangan brand is the brand with the strongest equity
Collections
- UT - Agribusiness [4618]