Pengaruh Sosialisasi Guru dan Orang Tua serta Media Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Berkelanjutan melalui Nilai Konsumsi
Abstract
Konsumsi berkelanjutan merupakan konsep membeli barang atau jasa dengan mempertimbangkan dampaknya pada lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi paparan terkait konsumsi berkelanjutan; menganalisis hubungan karakteristik dengan perilaku konsumsi berkelanjutan; dan menganalisis pengaruh sosialisasi guru, sosialisasi orang tua, dan media sosial terhadap perilaku konsumsi berkelanjutan melalui nilai konsumsi. Desain penelitian yaitu mixed methods dengan analisis isi, analisis korelasi, dan analisis SEM. Data diolah menggunakan software Microsoft Excel, SPSS, dan SmartPLS. Hasil analisis isi menunjukkan terdapat paparan terkait konsumsi berkelanjutan pada buku tema di beberapa mata pelajaran. Hasil uji korelasi menunjukkan siswa laki-laki cenderung memiliki perilaku konsumsi berkelanjutan yang lebih baik dan siswa yang memiliki ibu bekerja cenderung memiliki perilaku konsumsi berkelanjutan yang lebih baik. Hasil SEM menunjukkan sosialisasi guru, sosialisasi orang tua, dan media sosial berpengaruh positif terhadap nilai konsumsi. Selain itu, sosialisasi orang tua berpengaruh positif terhadap perilaku konsumsi berkelanjutan.