Analisis Pangsa Pasar Minuman Susu Cair UHT dengan Metode Rantai Markov.
View/ Open
Date
2019Author
Yunasari, Windi
Suharjo, Budi
Sumarno, Hadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan produk minuman susu cair UHT semakin meningkat. Hal ini
mendorong para produsen untuk mempertahankan pelanggannya dan sekaligus
mendapatkan pelanggan baru. Saat ini konsumen memiliki banyak pilihan merk
yang memiliki kualitas yang sebanding, namun preferensinya berbeda-beda yang
disebabkan oleh beberapa faktor. Informasi pasar terkait dengan persaingan pasar
dalam industri minuman susu cair UHT merupakan pangsa pasar yang dimiliki
oleh masing-masing merk di mana pangsa pasar bersifat dinamis, sehingga
perusahaan perlu memantau secara periodik pangsa pasar produknya dan
mengetahui perubahan pasar yang terjadi. Dalam karya ilmiah ini metode rantai
Markov digunakan untuk memprediksi pangsa pasar minuman susu cair UHT
dengan asumsi tidak ada perubahan yang terjadi pada pasar sehingga tidak
mempengaruhi perubahan komposisi pangsa pasar. Hasil yang diperoleh dalam
karya ilmiah ini merupakan prediksi pangsa pasar minuman susu cair UHT pada
tahun 2028 dalam keadaan stabil di mana prediksi pangsa susu Ultramilk pada
jangka panjang sebesar 39.59%, susu Frisian Flag sebesar 20.23%, susu Indomilk
sebesar 20%, susu Bear Brand sebesar 8.88%, susu Milo sebesar 4.56%, susu Hilo
sebesar 3.51%, dan merk lainnya sebesar 3.22%.
Collections
- UT - Mathematics [1434]