Hubungan Karakteristik Mahasiswa Universitas Terbuka Terhadap Penggunaan Modul Dan Diskusi Kelompok Di Medan
View/ Open
Date
1989Author
Simanjorang, Mulatua
Hubeis, Aida Vitayala S
Lumintang, Richard W
Tjitropranoto, Prabowo
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi dan mengklassifikasikan karakteristik mahasiswa Universitas Terbuka (UT) berdasar ciri terpilih, (2) mengetahui hubungan karakteristik mahasiswa UT dengan kegiatan mereka modul, dalam diskusi dengan kekelompok yang menggunakan dan (3) untuk mengetahui hubungan karakteristik mahasiswa UT dengan efektifitas penggunaan modul mata ajaran.
Penelitian dilaksanakan di Unit Program Belajar Ja- rak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kotamadya Medan di dua jurusan, yaitu jurusan Statistika Terapan dan Administrasi Niaga. Jumlah responden terpilih dari kedua jurusan tersebut adalah 85 orang.
Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini ialah nilai tengah, distribusi frekuensi, tabulasi silang, dan analisis hubungan dengan menggunakan Khi-kua- drat (x²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan mahasiswa UT berkarakteristik: berumur muda (54%) dengan rataan umur 32 tahun, jenis kelamin laki-laki (76%), pendidikan sebelum masuk UT ialah SMTA Umum (80%), sudah bekerja (83%), berpendapatan rendah (35%) antara 35 ribu sampai 80 ribu rupiah per bulan, jumlah anggota keluarga lima orang atau lebih (68%), motivasi masuk UT karena merasa pengetahuan kurang (65%), dan kebiasaan belajar- nya kurang dari 17 jam per minggu (65%).
Efektifitas diskusi kelompok belajar di kalangan ma- hasiswa UT Medan cenderung diwarnai oleh: interaksi yang jarang (56%), anggapan tujuan bersama tidak penting/lebih mengutamakan tujuan pribadi (58%), keterkaitan tugas dalam kelompok yang ditentukan oleh seluruh kelompok (42%), mempertahankan norma kelompok (78%), jumlah ang- gota kelompok belajar yang banyak ialah antara lima sampai sepuluh orang (64%), ..dst