Persepsi Konsumen terhadap Daging Kerbau dan Daging Sapi di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang
View/ Open
Date
2019Author
Permata, Azizah Maeky
Komariah
Cyrilla ENSD, Lucia
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsumsi daging kerbau di Indonesia rendah karena daging kerbau belum
populer di kalangan masyarakat. Daging kerbau memiliki teksur yang alot, keras,
warnanya lebih gelap, dan bau yang lebih tajam, sehingga kurang disukai oleh
konsumen. Hal ini merupakan bentuk persepsi konsumen terhadap daging kerbau
selama ini, sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan dalam mengonsumsi
daging kerbau. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik dan
persepsi konsumen terhadap daging kerbau dan daging sapi serta menganalisis
hubungan karakteristik konsumen terhadap persepsi daging kerbau. Penelitian ini
menggunakan 50 responden dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian
yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik dan
persepsi konsumen serta uji korelasi Rank Spearman untuk mengetahui hubungan
antara karakteristik konsumen dan persepsi terhadap daging kerbau. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen di Kecamatan Candipuro
mengatakan lebih menyukai daging sapi dibanding dengan daging kerbau dengan
jumlah persentase yaitu 64%. Hasil rataan skor persepsi menunjukkan bahwa
konsumen memiliki persepsi yang baik terhadap daging kerbau dengan skor 2.28.
Kualitas produk merupakan aspek dengan skor terendah yaitu 2.00 dan aspek
dengan skor tertinggi yaitu agama dengan skor 3.00. Hasil uji korelasi Rank
Spearman menunjukkan bahwa variabel pekerjaan memiliki hubungan yang
signifikan dan searah dengan tingkat persepsi konsumen terhadap daging kerbau