Analisis Strategi Pemasaran Produk Nata de Coco (Studi Kasus di CV. Graha Agri lndustri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat).
View/ Open
Date
2003Author
Miliyoso, R. Pratikto
Sailah, Illah
Suryani, Ani
Metadata
Show full item recordAbstract
Krisis ekonomi yang berkepanjangan membawa dampak yang sangat besar pada dunia usaha. Namun pengaruh tersebut tidak mematikan perkembangan industri kecil. Salah satu contoh bentuk usaha kecil tersebut adalah CV Graha Agri Industri yang mempunyai produk olahan Nata de Coco dan memasarkan hasil produksinya ke pasar domestik. Dal am menghadapi lingkungan usaha dan pemasaran yang makin kompleks di masa depan, CV Graha Agri Industri dihadapkan pada persoalan untuk mampu dan mau bersaing secara sehat dalam bisnis. Mengingat bahwa lingkungan usaha selalu berubah dengan cepat maka CV. Graha Agri Industri perlu menyesuaikan strategi pemasarannya dengan perubahan lingkungan ini. Dengan demikian diperlukan suatu analisis faktor internal dan eksternal perusahaan untuk merumuskan strategi pemasaran yang diperlukan guna meningkatkan daya saing produk.
Tujuan penelitian ini untuk : ( 1) mengidentifikasikan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk Nata de Coco pada CV. Graha Agri lndustri, (2) mengidentifikasikan klasifikasi CV. Graha Agri lndustri terhadap perusahaan pesaing lokal dan (3) merumuskan alternatif strategi untuk pemasaran produk Nata de Coco pada CV. Graha Agri Industri. Hasil yang didapatkan dari penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai : ( 1 ) masukan bagi CV. Graha Agri Industri dalam pengambilan keputusan untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan, (2) masukan bagi kalangan akademis, peneliti dan praktisi yang tertarik pada industri Nata de (..,oco dan (3) masukan bagi masyarakat umum yang tertarik pada industri Nata de Coco.
Alat analisis yang digunakan yaitu analisis Internal dan Eksternal melalui penyusunan matrik Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE}, selanjutnya dilakukan analisis persaingan industri menggunakan Competitive Profile Matrix (CPM) untuk melihat posisi bersaing perusahaan dibandingkan dengan perusahaan sejenis dan analisis SWOT untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran bagi perusahaan.
T erdapat sepuluh faktor internal yang memberikan kekuatan bagi CV. Graha Agri Industri dalam memasarkan produk-produknya yaitu : (1) tidak terikat pada modal yang berbentuk hutang bank, (2) produk merupakan produk makanan rendah kalori, (3) produk dikembangkan sesuai permintaan pasar,( 4) kemampuan inovasi dan melakukan diversifikasi produk, ( 5) lokasi pabrik dan kantor pusat yang strategis, (6) upah buruh yang murah, (7) fokus produk yang tepat, (8) jaringan pemasaran yang sederhana, (9) sistem pemesanan yang tleksibel dan ( 10) adanya hubungan baik dengan distributor dan agen. dst ...
Collections
- MT - Professional Master [887]