Strategi peningkatan kualitas pemasaran poduksi hasil tangkapan di PPS Nizam Zachman dan PPI Muara Angke
View/ Open
Date
2016Author
An Najah, Ramziah
Lubis, Ernani
Solihin, Iin
Pane, Anwar Bey
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan produksi hasil tangkapan di suatu wilayah khususnya di pelabuhan perikanan belum tentu diimbangi dengan kualitas pemasaran dari hasil tangkapan tersebut. Peningkatan kualitas pemasaran produksi hasil tangkapan penting dilakukan agar usaha penangkapan perdagangan ikan hasil tangkapan di pelabuhan perikanan berkembang juga dapat meningkatkan pendapatan nelayan dan daya saing perdagangan ikan sehingga performa pelabuhan perikanan meningkat. Pemilihan PPS Nizam Zachman dan PPI Muara Angke sebagai lokasi penelitian karena merupakan dua titik utama produksi hasil tangkapan di ibukota negara Indonesia yaitu DKI Jakarta. Selain itu. PPS Nizam Zachman dan PPI Muara Angke juga merupakan penyuplai produk konsumsi ikan terbesar untuk kawasan DKI Jakarta. Mengingat pentingnya potensi perikanan di kedua pelabuhan tersebut. maka perlu kiranya diketahui kualitas pemasaran hasil tangkapannya. Enhancement of production catches in a region, or particularly in a fishing port, not necessarily followed by marketing quality of the catches. Marketing quality improvement of catches is critical in order to develop fishery labor/trading in the port and in turn increase fishermen revenue as well as to improve competitiveness in the fish trade, all of which indicated by performance improvement of fishing port. PPS Nizam Zachman and PPI Muara Angke were selected as research location due to their position as main sites of production catches in state capital of Indonesia, Special Capital Region of Jakarta. Besides, those two sites play important role as biggest supplier of consumption fish for Jakarta. Considering critical fishery potential in those ports, their value of production catches need to be measured.
Collections
- MT - Fisheries [2941]