Struktur Pasar dan Daya Saing Cengkeh Indonesia Di Pasar India
Abstract
Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki potensi besar
untuk mengembangkan sektor pertanian. Indonesia merupakan negara penghasil
cengkeh terbesar di dunia yang menjadikan cengkeh Indonesia sebagai komoditas
yang memiliki potensi besar untuk diekspor. Potensi dan peluang cengkeh
Indonesia serta permintaan cengkeh di pasar internasional maupun dalam negeri
juga dapat memengaruhi posisi dan daya saing cengkeh Indonesia dalam
perdagangan internasional. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis struktur pasar, keunggulan komparatif, dan keunggulan kompetitif
cengkeh Indonesia di pasar India. Analisis dilakukan pada periode tahun 2010-2021
dengan spesifikasi ekspor HS 0907 : Cloves (whole fruit, cloves, and stems) melalui
metode Herfindahl Index (HI), Concentration Ratio (CR4), Revealed Comparative
Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD) dan Diamond’s Porter. Hasil
analisis menemukan bahwa struktur pasar cengkeh Indonesia adalah oligopoli.
Dibandingkan dengan negara-negara eksportir lainnya, cengkeh Indonesia
memiliki keunggulan komparatif di pasar India dengan nilai RCA>1. Keunggulan
kompetitif cengkeh Indonesia di pasar India selama periode 2010-2021 berada pada
posisi rising star. Hasil dari Diamond’s Porter menunjukkan bahwa terdapat faktor
pendorong keunggulan kompetitif dan faktor yang perlu dievaluasi kembali dalam
industri cengkeh di Indonesia