Pengembangan produk "beras analog" berdasarkan preferensi konsumen
View/ Open
Date
2017Author
Novitasari, Dian
Hermawan, Aji
Sunarti, Titi Candra
Metadata
Show full item recordAbstract
“Beras analog” adalah beras buatan yang dibentuk menyerupai butiran beras
dan terbuat dari sumber karohidrat non padi. Tujuan dari penelitian ini adalah
menganalisis prioritas pengembangan produk “beras analog” dan menganalisis
prioritas respon teknis untuk pengembangan “beras analog”. Penelitian ini dibagi
ke dalam empat tahapan, yaitu menganalisis voice of customer dalam membeli
beras, menganalisis true customer needs dari atribut “beras analog”, menganalisis
prioritas pengembangan atribut “beras analog”, dan menganalisis respon teknis
yang dilakukan untuk pengembangan “beras analog”. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara dan survei kuesioner. Data diproses dengan analisis
deskriptif, analisis kuantitatif, analisis distribusi frekuensi kategori, metode Kano,
analisis nilai Quality Improvement index (QI), dan metode QFD.
Penelitian ini menghasilkan 17 atribut voice of customer dalam melakukan
pembelian beras, namun hanya enam atribut utama yang menjadi pertimbangan
yaitu tekstur yang pulen, aroma yang wangi, rasa yang enak, harga yang ekonomis,
bersih, dan warna yang putih. Dari kajian untuk “beras analog” terdapat 8 atribut
yang merupakan true customer needs yaitu rasa yang enak, tekstur yang pulen,
kandungan serat yang tinggi, aroma yang wangi, konsistensi produk setelah
dimasak, harga yang ekonomis, dan mudah dimasak. Prioritas pengembangan
atribut “beras analog” meliputi rasa yang enak, harga yang ekonomis, aroma yang
wangi, tekstur yang pulen, dan konsistensi produk setelah dimasak. Respon teknis
pengembangan “beras analog” yang dapat dilakukan berdasarkan atribut prioritas
meliputi: diversifikasi bahan baku, penambahan rasa atau aroma pada adonan, dan
menambahkan hidrokoloid pada adonan.
Collections
- MT - Agriculture Technology [2272]