Keterdedahan Tayangan Mistik Komersial dan Perilaku Remaja terhadap Aqidah Islam: Kasus di SMA 10 dan MAN 1 Bogor, Jawa Barat.
View/ Open
Date
2005Author
Rasyid, Anuar
Sumardjo
Matindas, Krishnarini
Metadata
Show full item recordAbstract
Tayangan mistik komersial adalah salah satu dari banyak tayangan di televisi. Efek tayangan suatu media kepada masyarakat dapat disebut sebagai media exposure. Remaja juga bisa terdedah oleha tayangan tersebut. Efek yang paling buruk dari tayangan ini adalah "syirik". Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisa keeratan hubungan karakteristik responden, akses media dan faktor sosial dengan metode komunikasi tayangan mistik komersial. (2) Menganalisa keeratan hubungan metode komunikasi tayangan mistik komersial dengan perilaku remaja terhadap aqidah Islam. Penelitian mengamati dua stasiun televisi yang menayangkan tayangan mistik komersial. Stasiun televisi tersebut adalah TPI dengan acara Gentayangan dan Trans TV dengan acara Dunia lain. Sampel sebanyak 100 orang siswa kelas 2 yang beragama Islam dan setidaknya pemah menonton tayangan mistik komersial. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara berpedoman kepada kuesioner. Data sekunder adalah observasi langsung dan dari dokumen-dokumen yang terkait dengan penelitian. Data dianalisis dengan analisis Korelasi Spearman dan Khi- Kuadrat. Reliabilitas dari kuesioner (radalah 0,8632.
Hasil penelitian menunjukkan secara umum tidak tampak kaitan antara karakteristik responden, faktor sosial (interaksi dengan tetangga, keluarga, kelompok acuan) dengan metode komunikasi tayangan mistik komersial, namun ada beberapa aspek yang tampak ada kaitan. Secara umum tampak ada kaitan antara akses media dengan metode komunikasi tayangan mistik komersial, namun ada beberapa aspek yang tidak tampak kaitan. Secara umum tidak tampak kaitan antara metode komunikasi tayangan mistik komersial dengan perilaku remaja terhadap aqidah Islam, namun ada beberapa aspek yang berkaitan.