Hubungan Pola Penggunaan Media Konvergensi Radio Kota Batik dengan Kepuasan Khalayak
Abstract
Radio analog adalah media massa yang melakukan penyiaran secara audio dan
frekuensi jaringan terbatas. Pada era media konvergensi, radio menggunakan
internet untuk menyesuaikan khalayak. Radio Kota Batik melakukan konvergensi
melalui media sosial dan internet. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor,
pola penggunaan, dan kepuasan khalayak terhadap media konvergensi RKB.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif didukung data kualitatif.
Pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara mendalam, observasi, dan studi
pustaka. Responden dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil
penelitian menunjukkan responden aktif menggunakan beberapa media
konvergensi RKB dan mengakses konten media sendiri di dalam rumah. Hampir
setengah responden memprioritaskan RKB. Responden merasa puas karena motif
penggunaannya terpenuhi. Kepuasan terbesar pada motif hiburan. Frekuensi dan
durasi penggunaan media konvergensi RKB berhubungan nyata dengan kepuasan
khalayak pada motif hiburan serta interaksi dan integrasi sosial, sedangkan aspek
penggunaan lainnya tidak berhubungan nyata dengan kepuasan khalayak. Analog radio is a mass media that broadcasts audio and based on limited network
frequencies. In the era of media convergence, radio use internet to adjust audience.
Radio Kota Batik converges through social media and internet. The purpose of
study to analyze the factors, usage patterns, and audience satisfaction with the
convergence media of RKB. Research was conducted with a quantitative approach
supported by qualitative data. Data collection was carried out through
questionnaires, in-depth interviews, observations and literature studies.
Respondents were selected with a simple random sampling technique. The results
showed that respondents actively used some RKB media convergence and access
variety of media content alone in the home. Almost half of respondents prioritize
RKB. Respondents were satisfied with the convergence which fulfilled the motive
for its use. The greatest satisfaction on entertainment motives. The frequency and
duration of RKB’s convergence media use are significantly related to audience
satisfaction in entertainment motives as well as social interaction and integration,
while other aspects of use are not significantly related to audience satisfaction.