Strategi Pengembangan Inkubator Bisnis dalam Pendampingan Usaha UMKM
Date
2023Author
Sitorus, Gloria Febriani
Machfud, Machfud
Anggraeni, Elisa
Metadata
Show full item recordAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pelaku usaha di Indonesia yang memiliki potensi cukup besar dalam mendukung perekonomian nasional. Namun dalam pelaksanaanya di lapangan, pelaku UMKM mengalami keterbatasan dalam menjalankan usahanya sehingga hal inilah yang membuat sektor UMKM sulit untuk berkembang. Adanya keterbatasan yang dialami UMKM dapat dibantu melalui peran berbagai pihak salah satunya peran inkubator bisnis. Inkubator bisnis merupakan salah satu pihak yang dapat berperan dalam membantu penumbuhan dan pengembangan bisnis UMKM. Oleh karena itu, penting sekali bagi inkubator bisnis untuk selalu mengembangkan program pendampingannya agar dapat selalu memfasilitasi dan mendampingi UMKM sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan yang tepat bagi inkubator bisnis IPB dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal inkubator bisnis IPB. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis matriks IFE untuk identifikasi faktor internal, analisis matriks EFE untuk identifikasi faktor eksternal, analisis matriks IE, analisis matriks SWOT untuk perumusan alternatif strategi, dan analisis matriks QSPM untuk penentuan strategi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkubator bisnis IPB berada pada strategi tumbuh dan membangun, dan terdapat tiga strategi yang dapat direkomendasikan untuk pengembangan inkubator bisnis IPB dalam mendampingi UMKM, yaitu inkubator perlu mengembangkan suatu platform online marketing yang dapat membantu pemasaran produk tenant secara online, mengembangkan program-program inkubasi yang dapat meningkatkan daya saing tenant, serta membangun kerjasama dengan banyak pihak baik nasional maupun internasional untuk meluaskan jaringan inkubator bisnis.
Collections
- MT - Business [1572]