Pengaruh Knowledge, Service Quality, Trust, dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Fintech Syariah.
Date
2023Author
Fauzi, Siti Ismi Diningty
Beik, Irfan Syauqi
Munandar, Jono Mintarto
Metadata
Show full item recordAbstract
Fintech yang umumnya dikenal dengan financial technology (fintech)
merupakan teknologi baru di dunia bisnis dan menyediakan layanan yang sama
yang diberikan oleh bank. Fintech yang telah ada di Indonesia mengubah lanskap
dunia pada sektor keuangan global secara signifikan. Fintech syariah ialah
gabungan inovasi antara keuangan dan teknologi pada proses pelayanan keuangan
dan investasi dengan berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam dengan prinsip Islam.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh knowledge, service
quality, trust, dan perceived value terhadap peran fintech syariah berbasis P2P
lending syariah, juga terhadap kepuasan pelanggan dan mengidentifikasi peran
fintech syariah P2P lending syariah dalam implementasi kepuasan pelanggan.
Data diolah menggunakan analisis Structural Equation Modeling dengan
pendekatan Partial Least Square. Responden dalam penelitian ini adalah
pelanggan fintech syariah PT Alami Sharia yang sudah berusia 21 tahun – 60
tahun ke atas dan telah menggunakan platform P2P lending. Kuesioner yang
disebarkan secara online melalui link google form menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan variabel yang mempengaruhi peran fintech
syariah P2P lending hanya trust, sedangkan knowledge, service quality, perceived
value tidak berpengaruh. Kepuasan pelanggan dipengaruhi positif secara
signifikan oleh semua varibel knowledge, trust, service quality dan perceived
value. Peran fintech syariah P2P lending dan kepuasan pelanggan tidak saling
mempengaruhi disebabkan kualitas layanan yang diberikan belum sesuai yang
diharapkan pelanggan.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]